Friday, October 02, 2015

Hakikat lingkungan

Lingkungan adalah suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang mana terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya. Makhluk hidup yang menempati lingkungan terdiri atas manusia, tumbuhan, dan hewan.
Manusia merupakan makhluk hidup yang mempunyai peranan yang lebih kompleks terhadap lingkungan dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain. Manusia hidup dan berinteraksi dengan lingkungan, sehingga manusia mempengaruhi lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan.
Lingkungan manusia terdiri dari :
1.            Lingkungan Alam
Segala sesuatu yang berhubungan dengan alam yang berada di sekitar manusia. Komponen lingkungan alam terdiri dari : faktor abiotik (tanah, air, udara, cuaca dan suhu) dan faktor biotik (hewan, tumbuhan dan manusia).
2.            Lingkungan Sosial Budaya
Segala sesuatu yang berhubungan dengan pola-pola hubungan sosial yang meliputi : interaksi antar budaya, teknologi dan organisasi sosial, termasuk di dalamnya sejumlah penduduk dan perilakunya yang terdapat dalam lingkungan spasial tertentu.

Lingkungan sosial budaya menekankan pada aspek manusia dalam lingkup budaya dan sosialnya. Lingkungan sosial budaya senantiasa akan mengalami perubahan sejalan dengan peningkatan kemampuan adaptasi kultural manusia terhadap lingkungannya.

No comments:

Post a Comment