Saturday, June 04, 2016

TUGAS AKHIR FISIKA KOMPUTASI INTEGRASI NUMERIK DENGAN METODE SIMPSON DAN TRAPESIUM

TUGAS AKHIR
 FISIKA KOMPUTASI
INTEGRASI  NUMERIK DENGAN METODE SIMPSON DAN TRAPESIUM


                                                                                                                 



Nama: Cahya Agus Erfianto
NIM:   -
Fisika Komputasi B







JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS JEMBER
2015


BAB 1. PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Dalam persoalaan-persoalan ilmu fisika yang tidak dapat diselesaikan dengan persamaan mekanika biasa, seperti dalam kasus perhitungan dalam usaha yang menggunakan interval energi, dalam penghitungan arus listrik pada sebuah komponen, maupun energi elektron dan gerak elektron. Dalam penghitungan analitik maka persoalan tersebut akan sulit untuk dijelaskan.
Permasalah integrasi adalah permasalahan yang sering kita temui di kehidupan kita dan hampir selalu ditemui dimanapun berada. Integrasi numerik   adalah   cara untuk menyelesaian dan mencari suatu fungsi integral. Persoalan   integral ini tidak semata dalam hal matematis. Dalam bidang ilmu sains dan juga ilmu-ilmu yang lain banyak juga yang menemui persoalan ini. Tidak heran jika di era yang sangat maju ini muncul beberapa metode yang bisa dikatakan praktis yang berfungsi untuk mencari nilai integral suatu fungsi numerik. Metode-metode yang akan dibahas dan dipergunakan adalah Metode Simpson dan Metode Trapesium.

1.2    Tujuan
·      Menegetahui penggunaan metode Trapesium dan metode Simpson dalam penyelesaian persoalan integrasi numerik 
·      Mengetahui perbandingan pada hasil percobaan dengan metode penghitungan langsung


BAB 2. DASAR TEORI


Medan listrik yang berada diantara konduktor-konduktor menyimpan energi listrik. Untuk memindahkan muatan-muatan dari suatu pelat ke pelat lain diperlukan usaha. Dua buah pelat yang dihubungkan dengan catu daya memiliki beda potensial yang sama besarnya dengan potensial catu daya. Ketika dua buah pelat tersebut diputuskan dari catu daya, maka pelat tersebut akan menyimpan energi listrik. Inilah yang menjadi prinsip dari kapasitor, yaitu menyimpan energi listrik.

SELENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI YA !! CLICK DISINI!!

No comments:

Post a Comment